Cara Efektif Belajar Matematika

Mengapa orang mempelajari Matematika? Jawabannya bisa berbeda-beda. Ada beberapa orang yang mempelajari Matematika hanya untuk kesenangan, ada yang karena kewajiban, bahkan ada pula yang belajar Matematika agar bisa naik jabatan. Masing-masing tujuan, tentunya mempunyai cara yang berbeda. Misalnya belajar Matematika untuk kepentingan lulus Ujian Nasional, berbeda dengan persiapan mengikuti olimpiade.

Bagaimana cara agar bisa mempelajari Matematika dengan efektif? Belajar Matematika tentu tak sama dengan pelajaran lainnya. Matematika tidak cukup dengan cara menghafal. Matematika merupakan pelajaran berhitung yang harus membutuhkan konsentrasi, pemahaman, serta pendalaman yang lebih. Tanpa itu semua, kita akan kesulitan dalam mempelajarinya. Untuk menjawab pertanyaan diatas, berikut ada beberapa tips cara efektif belajar Matematika yang bisa Anda ikuti.

1. Utamakan paham, jangan hafal

Karena Matematika adalah pelajaran yang bisa terbilang “agak” rumit, mempelajarinya haruslah dengan kesabaran. Bersabarlah dalam memahami materi, dalam artian jangan terburu-buru menghafalkan rumus. Pahami terlebih dahulu bagaimana rumus itu bekerja. Setelah paham, baru kemudian hapalkan.

Jika daya ingat anda kurang kuat, buat catatan dan lakukan langkah-langkah di atas setiap kali ada kesempatan. Dengan begitu, anda akan selalu ingat dan dapat menjadikan ingatan anda semakin kuat.

2. Perbanyak berlatih soal

Setelah Anda memahami cara kerja rumus yang anda pelajari, cobalah untuk mempraktekkannya dengan berlatih mengerjakan soal sebanyak mungkin. Hal ini bertujuan untuk mengaplikasikan apa yang sudah anda pelajari, tentunya juga me-review rumusnya kembali.

Selain itu, perbanyaklah berlatih soal. Berlatih soal adalah suatu cara palin efektif agar bisa memahami rumus. Hal ini lantaran banyak tipe soal yang penyelesaiannya tak cukup dengan satu rumus bahkan harus menggunakan beberapa rumus.

Baca juga:

Perlu diingatkan kembali, soal yang anda gunakan untuk berlatih jangan hanya satu tipe saja, pelajari juga berbagai tipe soal lain. Semakin banyak anda berlatih soal, semakin besar pula kesempatan anda memahami materi tersebut.

3. Berhitung manual

Tidak ada yang salah dengan kalkulator. Hanya saja, jika Anda terlalu sering menggunakan alat bantu ini dalam berhitung, Anda bisa kesulitan jika suatu ketika tidak diperbolehkan menggunakan alat bantu. Efek dari alat bantu ini tidak bisa dirasakan dalam waktu dekat. Namun untuk jangka panjang, alat ini menjadikan otak hanya sedikit berkembang. Karena diakui maupun tidak, jika anda menghitung menggunakan alat bantu, maka yang berpikir bukan anda melainkan alat bantu anda.

Jadi, mulailah berhitung dengan cara manual. Bagi siswa sekolah, hal ini tentu akan sangat membantu ketika anda menghadapi Ujian Nasional nanti. Dimana dalam ujian ini tak diperbolehkan menggunakan alat bantu apapun. Selain itu, manfaat yang Anda peroleh dari menghitung dengan cara manual adalah mampu meningkatkan daya tangkap dan ingat otak.

4. Bertanya jika ada kesulitan

Satu hal yang harus anda ingat ketika belajar Matematika: jangan sampai salah tapi jangan takut salah. Jadilah pribadi yang terus mencoba menjadi benar tanpa harus takut salah. Abaikan bayangan “bagaimana jika aku salah” tapi fokuslah untuk selalu benar. Optimis!

Jika suatu ketika anda sudah mencapai batas mengerjakan sesuatu atau kesulitan dalam mengerjakan soal, tanyalah kepada ahlinya. Jangan sungkan untuk bertanya. Bertanyalah kepada guru sekolah, guru privat, atau teman yang menguasai materi tersebut.

5. Berdo’a

Untuk yang terakhir, jangan lupa berdoa. Karena perlu kita sadari bahwa ada kekuatan lain selain kekuatan kita yang mampu membuat kita menjadi bisa atau tidak bisa. Selamat belajar, semoga sukses!